Lift Luar Angkasa Jepang

Perusahaan Jepang Siap Bangun Lift Menuju Luar Angkasa

   Apa jadinya jika ada lift yang membawa anda ke luar angkasa? Mungkin hal ini akan sulit untuk dibayangkan. Namun inilah yang akan segera diwujudkan oleh Jepang. Ide lift luar angkasa ini sudah dimulai sejak 2015 lalu. Kini, ide tersebut melangkah mendekati kenyataan. Para peneliti Fakultas Universitas Shizouka akan meluncurkan model lift luar angkasa tersebut ke orbit Bumi.

   Peluncuran ini akan segera dilaksanakan pada 11 September 2018. Lift tersebut juga masih berbentuk miniatur yaitu dua satelit kubik kecil berukuran sisi 10 sentimeter. Keduanya akan dihubungkan oleh kabel baja sepanjang 10 meter. Untuk melengkapinya, sebuah kotak bermotor akan berjalan bolak balik di sepanjang kabel tersebut, di antara dua satelit. Tak lupa kamera juga dipasang untuk memantau kemajuan miniatur Teknologi ini.

"Ini akan menjadi percobaan pertama di dunia untuk menguji gerakan lift di luar angkasa," Kata salah satu juru bicara tim tersebut  dikutip dari AFP, Selasa (04/09/1018).

   Mimpi membuat lift luar angkasa ini diusulkan pada tahun 1895 oleh ilmuwan Rusia Konstantin Tsiolkovsky setelah melihat menara Eiffel di Paris. Sejak saat itu, berbagai fiksi ilmiah mengadopsi ide ini. Sayangnya, untuk memujudkan ide tersebut bukan suatu hal yang mudah. Banyak tantangan teknis yang terlibat untuk membuat lift luar angkasa itu.
   Tetapi perusahaan kontruksi Jepang Obayashi optimis dengan ide tersebut. Mereka berkolaborasi dengan Universitas Shizouka untuk membangun lift luar angkasa sendiri dan membawa turis pada 2050. Perusahaan itu mengatakan bisa menggunakan teknologi carboon nanotube. Teknologi ini dapat membuat bahan yang 20 kali lebih kuat dari baja untuk membangun poros angkat sejauh 96.000 Km diatas permukaan Bumi.

Sumber : Klick Disini (Kompas.com - 05/09/2018, 20:11 WIB)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar