Pengertian komputer dan perangkatnya

Hasil gambar untuk hardware software
Gambar 0.1

Hello Guys!!

   Komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data. Komputer mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data. Anda mungkin telah mengetahui bahwa Anda dapat menggunakan Komputer untuk mengetik dokumen, mengirim e-mail, bermain game, dan menjelajah Web, selain itu komputer juga bisa meretas suatu jaringan Wifi, meretas blog orang lain dengan mudahnya. Tapi kita takkan membahas itu sekarang.


Gambar terkait
Gambar 0.2


   Pada dasarnya komputer terdiri dari 3 perangkat :
1. Perangkat keras (HardWare)
2. Perangkat lunak (Software)
3. Manusia (Brainware)



A. Perangkat Keras (Hardware)

   Perangkat keras pada dasarnya adalah perangkat yang dapat dipegang atau disentuh oleh tangan. Jadi perangkat keras adalah semua perangkat yang  terdapat pada komputer didalamnya maupun beroperasi di dalamnya. Dan dibedakan dengan perangkat lunak (Software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam pengoprasiannya, antara lain :

  1. Perangkat input/masukan : Merupakan hardware yang digunakan untuk memasukkan (input) instruksi dari pengguna komputer (User), contohnya adalah Keybord, Mouse, dan Joystick.
  2. Perangkat pemrosesan : Merupakan Hardware yang terdapat pada suatu komputer untuk memproses suatu masukkan/input dari pengguna, contohnya adalah prossesor pada suatu komputer.
  3.  Perangkat Output/Keluaran : Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.

B. Perangkat Lunak (Software)
   Perangkat lunak pada dasarnya adalah perangkat yang tidak dapat dipegang atau disentuh oleh anggota tubuh. Jadi perangkat lunak adalah perangkat yang berada di dalam yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam pengoperasiannya, data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang diformat dan disimpan secara digital. Bisa dibilang software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik tapi terdapat di sebuah komputer, antara lain :

  1. Sistem Operasi : Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan pengguna (User).
  2. Sistem Aplikasi : Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.
C. Brainware
      Perangkat manusia adalah yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Contohnya adalah Programmer, Netter (sebutan untuk orang-orang yang sedang melakukan surfing di internet), dan orang orang yang menggunakan komputer (bisa game, document, dll)

2 komentar: